Wednesday, December 28, 2011

Review Singkat Vihara di Jakarta

for years, 
visiting different temples or monasteries for once a week, 
giving such meaningful impressions
with each uniqueness.

Saya demen mengunjungi vihara yang ada di Jakarta, karena tiap-tiap vihara entah kenapa punya 'rasa damai' masing-masing dan selalu saja membuat saya terpukau dengan suasananya; 'mengundang' untuk bermeditasi sejenak dan tentu saja melakukan karma baik lainnya. Atmosfir dalam vihara tentu saja selalu mendukung, dan di bawah ini, saya kepingin share vihara-vihara yang pernah dikunjungi dalam beberapa tahun belakangan ini. Anggaplah sebagai temple-traveler untuk sekedar mencicip suasana baru. Monggo dijadikan referensi, tapi tentu saja lebih bagus lagi kalau bisa dibuktikan sendiri! Ehipassiko! :D


Ekayana Grha / Wihara Ekayana Arama

Jl. Mangga II No. 8

Kel. Duri Kepa, Tanjung Duren Barat
Jakarta Barat 11510
Tel. (021) 5687921-22, Fax. (021) 5687923

Pin BB : 2908D29D
 
Vihara ini adalah vihara yang paling dekat dengan tempat tinggal saya, dan merupakan salah satu 'favorit' bagi para mahasiswa dan yang sudah bekerja (khususnya Universitas di wilayah Jakarta Barat), hanya 15 menitan dari Binus, Untar, dan sekitarnya dengan Metromini 91 atau angkot 45. Ngesot saja sedikit, dan hamparan Vihara besar nan megah telah berada di hadapanmu! Jreeeng!
Kebaktian yang sering saya ikuti adalah Kebaktian Umum jam 10 minggu pagi dengan paritta Pali (Theravada). Tapi, kalo lebih nyaman dengan Liam Keng alias Mahayana, bisa datang pagian jam 8 untuk mengikuti kebaktiannya. Saya demen banget sama vihara ini, soalnya adem, Buddha rupang yang mengagumkan, dhammadesana yang variatif (bisa dari praktisi buddhis, Bhikkhu/ni, dll), daaaaaan sesi menyanyi diiringi dengan piano atau gitar! Nyaman!

Tertarik akan kelas meditasi Chan (Zen)? Vihara ini juga sering mengadakan One Day Chan / Day of Mindfulness di akhir pekan, atau bisa ikuti kelas meditasi rutin setiap Kamis malam jam 19.00 - 21.00



Dhammacakka Jaya

Jl. Agung Permai XV Blok C

Sunter Agung Podomoro
Tel. (021) 6471 6739, 641 4304, Fax (021) 645 0206
Jakarta Utara 14350
 


Walaupun letaknya yang jauh dari tempat tinggal saya dan perlu usaha ekstra untuk pergi ke Vihara ini, tapi suasana kebaktian yang natural dan sangat alami seringkali membuat saya kepingin kebaktian di sana lagi. Sisipan inti dhammadesana yang diselipkan di buku paritta juga membuat kita bisa lebih mengerti sama apa yang dibawakan oleh pembicara. Saya pribadi suka banget sama pohon bodhi yang gedeeee dan banyak, rumput-rumput bak camping setelah selesai kebaktian, dan... semuanyaaa! Keren! Bikin saya merasakan syukur yang mendalam karena telah mengenal Buddha-dharma, menghormat dan membayangkan kalau ada suatu masa... Sang Buddha pernah berada di bawah pohon Bodhi ini, bertapa, dan kemudian mencapai penerangan sempurna.

Untuk mencapai vihara ini, ada beberapa alternatif:

* naik busway koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) dan turun di halte Penjaringan, sambung dengan busway koridor 12 (Pluit - Tj.Priok) dan berhenti di halte Danau Agung. Setelah itu, bisa jalan kaki (memang lumayan jauh, sih) atau naik bajaj untuk masuk ke dalamnya.

* naik busway sampai ke halte Kota, dilanjutkan dengan metromini 29 (warna merah) yang memang agak jarang muncul, tapi mantepnya adalah metromini ini berhenti tepat di depan vihara! (Saya pernah takjub, suatu kali saat naik metromini 29 ini, almost semua penumpang di dalamnya "kiri, bang!" waktu si abang berteriak "vihara, vihara!" Cool!

* naik taksi dan sodorin alamat. *plak* *melipir*



Mudita Center
Jl. Bisma Raya Blok A No. 68, Sunter Agung, Jakarta Utara, 14350 
telepon: +6221 6530 5315

Tidak begitu jauh dari Vihara Dhammacakka, ada satu Vihara juga yang membuat saya impressed dengan dekorasi dan suasana nyamannya, Mudita Center. Kebaktian di sini bikin saya selalu kepingin senyum, karena Buddha Rupang-nya yang juga senantiasa tersenyum. Untuk datang ke Vihara ini juga tidak sulit, walaupun terletak di daerah komplek perumahan, bisa ditempuh dengan busway koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) dan turun di halte Penjaringan, sambung dengan busway koridor 12 (Pluit - Tj.Priok) dan berhenti di halte Sunter Karya alias di depan Sunter Mall, lalu... naik ojek!




Vihara Theravada Buddha Sasana

Jl. Pelepah Raya WX I No. 1
Tel. (021) 453 1825
Kelapa Gading Permai
Jakarta Utara 14240



Masih di daerah yang berdekatan, walaupun saya baru pernah sekali mengunjungi Vihara ini di hari Khatina pada malam hari, tapi pohon Bodhi di sini lagi-lagi membuat saya terkagum-kagum! Bhaktisala yang sangat besar, tinggi dan terbuka seakan siap menyambut kedatangan kita kapan saja, jendela-jendela besarnya juga mengelilingi ruangan... sangat alami. Suasana yang back to nature, berhasil menggelitik saya untuk berkonsentrasi dan rileks sejenak. Saya mendapatkan sensasi seperti itu saat saya mengunjungi Vihara ini.



Cetiya Dhamma Mangala
 Jl. Sport Centre Sigala-gala
Sunter Agung 14350


Hari raya Waisak! Menjadi panitia di sini, dan tidak akan bisa ngelupain betapa seru dan asyiknya Siripada Puja yang dilaksanakan di Danau Sunter di seberangnya! A nice small temple. impressing!



Vihara Dharma Sukha Pluit

Jl. Pluit Permai VIII/ 7

Tel. (021) 660-2725, Pluit
Jakarta Utara



Agak berbeda dengan Vihara lainnya, Vihara ini tidak 'lesehan' seperti vihara lainnya, dan menggunakan kursi seperti di Gereja. Vihara yang cukup luas, ruko bertingkat dan nyaman. Pergi ke sana juga cukup praktis (walaupun lagi-lagi terletak di dalam komplek perumahan). Cukup naik busway jurusan Pluit - Pinang Ranti sampai ke pemberhentian terakhir: Pluit Village (Mega Mall), vihara ini ada di seberangnya! (masuk dari jalan di sebelah rumah makan yang berwarna hijau - saya lupa namanya apa, kalau tidak salah Rumah makan bebek goreng h. slamet, cmiiw.)



Vihara Ratana Graha
Komplek Green Ville Blok AL no. 3. 
(Masuk dari jalan di sebelah Saung Green Ville/Super Penyet)


Nah, Vihara ini terletak tidak jauh dari Ekayana, berada di daerah Greenville. Sangat kondusif sekali untuk kebaktian di sini, karena suasana nya tidak begitu ramai dan juga terletak di perumahan. Kalau dari Jakarta Barat, naik metromini 91 kemudian disambung dengan angkot 45 yang berseliwer di Tanjung Duren. Jangan khawatir akan tersasar, karena ada plang di sekitar daerah Greenville. :3


Cetiya Sanghamitta
Taman Kebon Jeruk Interkon
Blok AA 1 no.6 Jakarta Barat



Beberapa kali merayakan Khatina di sini, dengan tujuan bertemu dengan para Bhikkhuni yang inspiring (berhubung Wisma Kusalayani, Maribaya, Lembang - tempat tinggal para Ayya agak sulit dijangkau) : Ayya Santini dan Ayya Sila. Walaupun Cetiya ini kecil, suasana di dalamnya homy abis! Dari Batusari, cukup naik angkot m11 dan berhenti di Meruya, depan mesjid (dekat Superindo).



Vihara Mahavira Graha

Jl. Lodan No. 6-B, Jakarta Pusat 14430 Indonesia 

Tel. (021) 690 92 83/4, Fax. (021) 691 57 29 dan 690 92 82 
Website: www.vmgp.org

 
Terletak di Lodan dan sangat mencolok dengan adanya Buddha Rupang yang menjulang tinggiiiiiii sekali! Belum pernah kebaktian di sana, hanya pernah mengikuti Dhammatalk dari acara kampus, someday will try it. 



anyway, 
tidak peduli Vihara mana yang lebih sreg di hati masing-masing, 
yang penting setiap dari kita telah membangun 'vihara' dalam hati kita, 
senantiasa menghias dan menjaga 'buddha' dalam hati kita 
dengan memupuk perbuatan baik dan menghindari perbuatan buruk. 

Bukankah itu yang paling indah?
Tentu, dibarengi dengan motivasi yang tidak pernah surut, dan tentu saja, suasana vihara adalah salah satu pendukungnya.

Selamat berjelajah, teman-teman sedharma!




*Blog ini sudah ditulis sejak tanggal 27 Desember 2011 
(waktu saya masih kuliah, aktif organisasi kampus dan sebagainya), tak disangka sering juga dikunjungi oleh berbagai kalangan. Berhubung sudah banyak yang berubah (mulai dari rute transportasi dan tempat), maka saya memutuskan untuk 'mempercantik' tulisan ini lagi, dengan harapan yang membaca bisa mendapat informasi yang lebih aktual, dan mencapai vihara yang ingin dituju. Thank you! :)
15-07-2014

2 comments:

M5W said...
This comment has been removed by the author.
M5W said...

Review yang menarik... ternyata doyan "wisata" ke berbagai vihara :)