Friday, January 11, 2013

Habibie & Ainun Movie Review

just a brief review for movie i watched in this early 2013.


Lagi-lagi terharu dengan film buatan anak Ibu Pertiwi (dan saya sudah lama sekali tidak merasakan hal seperti ini). Hal yang sudah pasti diacungi jempol dari film ini adalah kisah nyata Pak BJ. Habibie dan Almarhumah Ibu Ainun yang sangat menyentuh hati :')

Film ini menawarkan kisah cinta yang sederhana, mulai dari masa-masa pedekate yang sumpah kocak abis (Habibie sih bener-bener pede jaya loh!) masa menikah dan punya keluarga kecil yang sangat manis (walaupun dengan pendapatan yang masih pas-pasan dan hubungan yang penuh perjuangan), cobaan yang mendera saat Habibie udah mulai menapaki jalan sukses (sampai mereka harus LDR sebentar Indonesia-Jerman), karir Ainun sebagai dokter yang malah tidak bisa menjaga anaknya sendiri dengan baik, sampai....mereka tua. 

Ada satu hal yang bikin film ini begitu indah, yaitu cinta yang saaaaaangat tulus terpancar dari Habibie ( i really like how he treat his wife, benar-benar tipe pria yang bertanggung jawab, berdedikasi, berkarakter kuat, dan setia-namun juga kocak!), belom lagi tokoh Habibie yang dibawakan dengan sangat baik oleh Reza Rahardian (saya dan teman saya tidak habis-habisnya mengomentari kening Reza yang terus berkedut, gestur tubuh dan gaya bicaranya yang Pak Habibie abis), begitu juga dengan Ainun yang benar-benar menjadi istri yang begitu baik, santun, setia, penyayang, dan sangat mencintai Habibie (bayangin dong, di saat sudah sekarat begitu masih khawatirin obatnya Habibie).

Ada satu kalimat yang nyantol di kepala saya setelah menonton film ini :

"Gara-gara ini, waktu saya bersama kamu dan anak-anak menjadi sangat minim." - Habibie saat melihat pesawat N250 yang berdebu

"Ada banyak cara, untuk mencintai negara ini." - Ainun

Saya percaya, kita punya banyak sekali orang-orang seperti Habibie di negara kita, namun tidak dihargai dengan maksimal, sehingga perjuangan mereka-pun terbengkalai dengan sia-sia (namun tidak, saya pribadi sangat kagum dengan sosok Habibie-dan Habibie habibie lainnya yang masih terus mendedikasikan diri mereka untuk bangsa kita tercinta-dengan cara apapun), rasanya....miris sekali.

Overall, i love this movie. 

Film yang menghibur dan menginspirasi untuk menjadi warga negara yang baik dan mencintai bumi Pertiwi nya, menjadi orang yang berkarakter kuat, menepati janji, setia, dan meneladani semua sifat baik yang dimiliki orang besar seperti Pak BJ. Habibie.

No comments: