Wednesday, January 2, 2013

hello 2013 (dan toyoran di kepala)

Malam yang kembali senyap setelah kembang api yang meletup-letup di atas atap rumah, makanan-makanan yang dibereskan, suara canda tawa yang perlahan meredup dan menjelma menjadi kantuk, dan kartu UNO yang telah dirapikan.
namun, euforia dalam benakku belum jua menyurut, masih saja terjaga dan...sedikit terhenyak.

Tiba-tiba tersadar, begitu banyak 'tahun baru' yang sudah terlupakan dan menjadi 'tahun lalu', dan kita masih saja berada di tempat yang sama, menua.

Kenapa rasanya aku sedikit sedih melihat countdown yang begitu disemangati oleh khalayak, even sejak kita baru pertama kali menapaki desember? lalu natal...dan semua akan berkata "merry christmas and happy new year"........belum. 2012 masih belum mau dilupakan, belum mau di skip. Atau, entahlah.

Tahun, waktu, adalah sesuatu yang netral, sesuatu yang tetap bergulir, entah bagaimana pun kita mencoba untuk mengaturnya, waktu tetaplah berjalan, tidak meninggalkan kita namun juga meninggalkan kita--selagi kita begitu sibuk mencipta kenangan, lalu berbalik mengejar-ngejar kenangan itu....mencipta kenangan baru lagi dan kembali mengejarnya, entah hanya untuk sekedar mengumpatnya, menangisinya, menertawakannya, merindukannya, mensyukuri, mengingatnya... 

Dan waktu tidak akan pernah peduli, ia akan selalu ada saat kita sadari, dan tidak ada saat kita melupakannya....lalu dengan naifnya kita berkata, "waktu berlalu begitu cepat"
Oh tidak, waktu selalu meneriaki kita, memohon kita untuk menoleh dan menyapanya, namun kita tetap saja sibuk merancang-rancang apa yang seharusnya kita kenang, nantinya.

Mungkin terdengar sedikit berlebihan,  pergantian tahun bukanlah suatu yang perlu disedihkan dan juga disenangkan, namun patut dirayakan, agar kita selalu ingat bahwa ada begitu banyak orang-orang terdekat dalam hidup yang begitu kita cintai dan hargai untuk ucapan "selamat tahun baru" dengan tulus. Dan juga terima kasih yang mendalam, dan maaf yang dipenuhi keikhlasan.

Dan untuk pertama kalinya, orang terdekat dalam hidup adalah diri sendiri, lalu setelah itu bersiaplah untuk segala resolusi tahun baru yang akan membimbing jalan hidup kita untuk putaran waktu di lembar yang baru juga.

bukan lagi untuk merajut kenangan dan kemudian mengaisnya.
namun semata-mata untuk lebih menghargai dan mengenal waktu, hidup sepenuhnya dalam waktu yang terus menerus berjalan, menjadi temannya yang paling baik.

menjadi sadar.

menjadi insan yang mengalami satu hal dalam satu momen secara penuh, 
dan terus bergerak ke momen berikutnya tanpa terpengaruh dengan yang dahulu.

aku akan belajar mengalami, mengamati, dan melepaskan waktu
dan terus menyadari betapa berharganya nafas
yang keluar dari manusia yang aku miliki ini.

hello 2013,
malam buta, 02.40, selasa, 1 januari.
 some thoughts on this early 2013,
tentang mengapa kita masih terus saja berkutat di masa lalu
seperti mengais-ngais kenangan yang sudah tak ada lagi
mungkin karena kita menyesal
dan berharap bisa mengubahnya
lalu takut pada masa ini, lagi-lagi do the same stupid mistake.
tapi,
kita tidak akan menyesali apapun
kalau kita tahu dengan jelas
apa alasan kita mengambil keputusan itu di waktu itu
dan untuk mengetahui apakah alasan itu cukup tepat
kita harus cukup mengenal diri kita sendiri dulu
atau, kalau tidak,
sampai di saat kejadian telah terjadi,
kita hanya bisa menerima diri kita sendiri
dengan penuh cinta

wish for more enlightenment
like this
to grow and glow,
hello my year, 2013 :) 

No comments: