Friday, April 9, 2010

" Siapakah Aku ? "

Beberapa hari yang lalu, gw menemukan sesuatu yang interesting di salah satu message inbox FB gw.. 
Hmm.. Bukan hanya interesting, tapi artikel ini dengan cepatnya bisa membuat gw jadi tercenung..




ZEP!


Artikel ini ditulis oleh seorang Suhu di salah satu Vihara, Mudita Centre (Sunter), yaitu Suhu Neng Xiu-Sakya Sugata. Udah deh, tanpa babibu lagi, gw langsung minta ijin buat copas cerita ini..

cekidot ! :)




"SIAPAKAH AKU?"




Pada siapa aku dapat bertanya pertanyaan yang sulit aku jawab ini?


Mengapa di dunia ku yang kecil ini, penuh dengan berbagai ragam manusia yang sering tidak bisa mengerti sifat, keinginan dan keegoan dirinya sendiri.
Dengan kebingunganku terhadap sifat mereka yang senang mengurusi urusan semua orang, ingin mengendalikan semua hal, ingin berkuasa pada apa yang menjadi kehendaknya.
Apakah duniaku yang kecil ini semakin sedikit orang-orang yang tulus, dan mereka yang senang memberikan kebahagiaan pada orang lain?



Tangan-tanganku yang lemah, kecil ini tak mampu untuk mencengkeram dan mengenggam dunia ini,
bahkan dunia anak-anak sekalipun aku tidak mampu untuk menjangkaunya. Apalagi dunia orang dewasa yang penuh dengan retorika dan intrik serta pergolakan bathin yang luar biasa.

Kadang aku merasa dunia anak-anak jauh lebih polos dan bersahaja, tetapi tetap saja dunia ku sekarang telah jauh tercemar dari kepolosan anak-anak jaman kakek dan orang tuaku dulu.


Kehidupan jaman sekarang pun tidak lagi dapat menjamin jalan yang dilalui akan berjalan dengan mulus dan lancar. Akan sangat banyak masalah yang muncul karena hal-hal kecil, yang aku sendiri tidak dapat mengertinya.


Yang ku tahu langkah kakiku yang kecil, membuat aku harus melangkah pelan-pelan dan tidak dapat melangkah dengan langkah kaki yang besar. membuat aku menyadari bahwa apakah setiap langkahku ini penuh dengan arti dan makna bagi diriku? Apakah hanya sekedar berjalan untuk menuju tujuan? 


Aku pun tidak tahu harus bagaimana, aku tidak mengerti dan tidak pernah tahu bagaimana orang besar melangkah dengan mantap, tanpa pernah tahu bahaya yang terjadi di depan sana? Atau apakah mereka selalu dengan mantap berjalan dalam bahaya sekalipun?


Yang ku tahu aku harus tetap melangkah dengan
sadar


dan selalu berhati-hati mengawasi langkah kakiku yang kecil, agar tidak ada batu yang melukai kakiku yang mulus halus, agar tidak menginjak kubangan dan lumpur yang menghalangi jalanku.




Mataku yang kecil, harus mampu melihat dengan jelas semua kendala dan halangan yang ada, yang merintangi arah langkahku...
Pertanyaanku mengapa aku lakukan semua ini sendiri?
dimana orang tuaku? dimana teman-temanku? apakah aku telah menjadi anak-anak yang memiliki pemikiran yang sama dengan teman sebayaku?


mengapa aku menjadi begitu pemikir?
mengapa tiba-tiba aku menjadi tersadar? layakkah aku memikirkan sesuatu yang jauh di batas kemampuan berpikirku? atau memang aku telah dewasa di banding mereka yang sebaya denganku?
perlukah aku menghabiskan masa kecilku dengan pemikiran dan tindakan yang orang dewasa saja belum tentu 
memikirkannya?


apakah harus menunggu sampai rambut memutih baru aku memikirkan kemana langkah kaki ini melangkah?



......Siapa Aku?

Mengapa Aku?

Dimana Aku terlahir ?

Dimana duniaku? 


Tolong bantu aku........

2 comments:

Ika said...

Siapa qm???

IPIIIILLLLL....
wakakakkaka.. XD

Nana Takizawa said...

hahahaa..
lhoo.. saia kan UPIL!!
cuma beda 5 menit awal jee :P